Langkah Membangun Mental Dalam Memulai Bisnis

Image

Dalam memulai atau menjalankan bisnis perlu di miliki setiap orang mental yang kuat. Mental kepemimpinan sangat diperlukan walapun kita mungkin belum jadi bos yang harus mengatur banyak karyawan yang jadi bawahan. Memerlukan kecepatan dalam berfikir matematis dan mungkin langkah – langkah extreem yang harus ditempuh untuk menyelamatkan perusahaan. Berikut ini akan saya berikan beberapa hal pokok yang harus diperhatikan untuk membangun mental kita :

1. Niat
Untuk mengawali sebuah rencana, seorang harus memmpunyai niat yang kuat. Dalam artian, sebuah rencana takkan berjalan jika seorang tak mempunyai niat. Miat merupakan sugesti awal bagi mental kita agar kita menjadi kuat dan mengarungi sebuah rencana. Baik dalam kejayaan maupun keterpurukan. Dengan niat, seseorang akan mencoba kuat dengan resiko – resiko terburuk yang harus dihadapi.

2. Membangun
Membangun sebuah perusahaan, harus di iringi dengan pembanguna mental dan fikiran. Kadang ada juga orang yang tak siap sukses, terlebih juga tak siap untuk gagal. Dalam mebangun mental, kita perlu memproyeksikan tujuan kita menjadi pencambuk rencana kita. Dengan kita fokuskan pada tujuan, kita berart sudah membuat peta jalanan yang akan kita langkahi menuju sukses. Dalam hal ini, jalanan adalah merencanakan proses – proses yang harus dijalani. Proses memang sangat penting, namun memberi kekuatan pada tujuan kita, agar kita lebih terarah dan tidak mencoba serong pada tujuan lain.

3. Fokus
Seperti keterangan dari atas, kita perlu fokus menjalani perencanaan kita. Bukan kita tidak perduli dengan tawaran – tawaran yang masuk dan menggiurkan untuk kita, namun lebih mempertimbangkan akan manfaat dan apakah behubungan gunanya dengan apa yang sedang kita jalankan. Jika memberi manfaat dan tidak membuat kita melenceng jauh dari tujua kita, mungkin bisa kita ambil dan masukkan ke agenda kita.

4. Menghadapi Resiko
Resiko merupakan hal yang selalu dan wajib ada dalam sebuah perncanaan, termasuk dalam mebangun sebuah perusahaan. usaha tanpa resiko, seperti “sayur tanpa garam, kurang enak kurang sedap”, tinggal kita bisa – bisanya saja menyulap resiko – resiko itu menjadi peluang bisnis lain. Dalam megnawalinya, kita perlu mencatat apa-apa saja yang akan jadi resiko kita. Merumuskannya ke dlaam catatan tersendiri, coba cari penyelesaian yang paling mudah dan tetntu tak berbiaya mahal. Dengan kita mempunyai gambaran dari resiko itu, kita bisa siapkan mental kita, atau untuk menghindari sekecil apa resiko itu.

5. Membuat jadwal dan agenda kerja
Tentunya kita sangat tahu arti pentingnya jadwal. Betapa tidak, jika seorang pekrja bekerja tanpa jadwal dan standarisasi, maka pekerja akan memulai atau mengakhiri pekerjan semau – maunya. Tak lain halnya kita, jika terlau kita paksakan saat kita sedang semangat semangatnya kerja. Hati – hatilah dengan kejenuhan yang akan datang, karena ia akan datang lebih awal. Apalagi kalau hasil yang kita peroleh belum beitu tampak untuk kita nikmati. Hati – hatilah dengan semangat kita, yang kadang atidak toleransi pada kesehatan kita.

6. Menjalankan
Dengan sangat hati – hati, mari kita awali menjalankannya. Dengan ke-empat prinsip di atas tadi, 80% kita telah siap. Mencoba bermula denga menyediakan hal – hal kecil yang bisa kita kerjakan. Perlahan lahan kita jalankan semua dengan penuh keyakinan dan kerja keras. Semua yang terpenting adalah proses dari semua yang telah kita rencanakan, taati jadwal yang telah kita buat, lakukan semia dengan sepenuh hati. Jangan takut gagal, karena semakin sering kita gagal, maka semakin dekat peluang kita untuk berhasil. Namun kita juga tak berharap pada kegagalan, karena kita sudah rencanakan sedemiian rupa, manajemen pembentukan hingga manajemen resiko – resiko yang akan kita hadapi nanti.

Buan hal yang mustahil keberhasilan itu untuk kita dapatkan. Dengan perencanaan yang matang dan tekad yang kuat maka kita akan meraih sukses yang maksimal di kemudian hari. Amiin..

Sumber: Langkah Bisnis

Advertisements

2 thoughts on “Langkah Membangun Mental Dalam Memulai Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s